Pages

Subscribe:

Jumat, 16 September 2011

Facebook : Pembawa Damai?

Share
FACEBOOK : PEMBAWA DAMAI?

Anda mungkin akan berpikir, memangnya bisa? Tenang aja, Saya pun berpikir demikian. Di antara kontraversi Facebook yang menyebabkan hampir saja dinyatakan haram, ternyata masih ada sisi positifnya. Berikut ceritanya.
Semua pasti sudah tau kejadian 11 September 2011 di Ambon. Kejadian yang menghebohkan ini, sempat membuat orang panik. Semua pun saling berkomunikasi untuk mencari tau ataupun memberikan informasi. Karena terlalu banyak yang menggunakan jaringan yang hampir sama, maka jaringan telepon selular pun sibuk. Sulit sekali untuk telepon maupun mengirim pesan singkat. Akhirnya saya tidak bisa menghubungi teman-teman saya yang mempunyai tempat kost-kostan dekat dengan tempat rawan yang sudah terbakar.
Saat semua sudah panik, dan mengungsi, saya malah membuka laptop dan mulai berinternetan. Saat membuka akun saya di Facebook, ternyata wah, banyak teman-teman saya yang sementara sedang Online, semua memilih situs jejaring sosial ini sebagai alternatif untuk mencari dan membagi informasi. Dengan alasan yang sama bahwa sinyal yang kurang baik, maka facebook menjadi tempat memantau keadaan teman-teman saya. Itulah sisi positif yang pertama.
Saat malam di hari yang sama, suasana masih mencekam. Kami masih tetap menggunakan Facebook sebagai media komunikasi utama selain telepon. Dan saat itu ternyata muncul sang provokator yang menggunakan Facebook sebagai media untuk mempengaruhi orang-orang untuk tidak berdamai. Dengan tak tanggung-tanggung para “penggerak perdamaian” pun mencekal dan mengklarifikasi setiap isu yang di mainkan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Berbagai klarifikasi isu yang up to date dan terpercaya selalu di berikan bagi kami para pegguna situs jejaring sosial ini. Itulah sisi positif yang kedua.
Di malam yang sama juga, dibuat satu acara yaitu Pray for Ambon yang dipublikasikan lewat Facebook. Ternyata mendapat respon yang baik. Itulah sisi positif yang ketiga.
Keesokan hari hingga sekarang Facebook masih memainkan peran penting. Semua diajak untuk menyanyikan kedamaian di Maluku salah satunya lewat Facebook. Status-status yang berisi isu dan provokasi segera mungkin diklarifikasi sehingga tidak muncul kekacauan lagi. Sampai sekarang pun, banyak nyanyian yang bersifat rekonstruksi sebagai solusi untuk kedamaian Maluku sering di Update di Facebook. Itulah Sisi positif yang keempat.
Masih banyak sisi positif dari salah satu situs jejaring sosial ini, terserah jika anda ingin menambahkannya. Ya, itu Facebook, situs yang mendunia dan sudah menjadi satu kata yang familiar di telinga kita. Penggunaannya tergantung di tangan pemiliknya. Kita memang memperoleh akunnya secara gratis, namun bukan berarti kita secara gratisan menggunakannya untuk hal yang tidak bertanggung jawab. Sebagai situs yang digunakan banyak orang, maka pesan yang kita sampaikan bisa dibaca orang. Dan jika itu pesan damai, maka akan di serap perlahan-lahan oleh orang yang membaca pesan kita.

Ambon Manise

Baca juga yang lain



1 komentar:

Posting Komentar

Hai Sobat, Jangan Lupa komentar yah.