Pages

Subscribe:

Sabtu, 17 September 2011

Tetap Berdoa untuk Ambon

Share
TETAP BERDOA UNTUK AMBON
Hari ini tepat satu minggu konflik antar masyarakat yang terjadi di Ambon, Maluku. Konflik itu berlangsung hanya sehari. Namun memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat kota Ambon. 
Pasca 11 September sampai sekarang situasi sudah kota Ambon semakin membaik dengan adanya berbagai usaha yang dilakukan oleh berbagai pihak. Kegiatan-kegiatan pertokoan, pusat-pusat perbelanjaan, rumah-rumah makan dan sebagainya, telah dibuka seperti biasa. Warga kota Ambon-pun sudah mulai melakukan aktifitas seperti dulu.
Tidak dipungkiri jika kedamaian sampai saat ini sering diragukan oleh masyarakat kota Ambon sendiri maupun orang lain yang menjadi penonton dari kejadian ini. Mengapa? Ya, karena mereka meragukan kondisi psikologi masyarakat yang terkena dampak dari kerusuhan itu yang berujung pada trauma. Trauma itu akan semakin sulit dikendalikan jika berubah menjadi dendam yang terus disimpan. Yang lebih berbahaya jika dendam tersebut terus-menerus “dibakar” dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab.
Usaha yang dilakukan pemerintah pun semakin berkala dan dilakukan secepatnya untuk mengatasi hal ini. Namun tentunya kita tidak akan pernah bisa untuk berdamai jika kita yang tak berusaha untuk melakukannya.
Mengapa kita harus tetap berdoa untuk Ambon?
Ya, kita tak mungkin mengetahui segala sesuatu yang akan terjadi. Masih banyak kejadian yang membuat kita terkejut. Tentunya siapapun tidak ingin untuk hidup dalam peperangan, kekacauan, kematian. Semuanya indah jika kita hidup damai.
Tetap berdoa untuk Ambon itu diperlukan. Tapi jika berdoa dan meminta kedamaian. Jangan hanya menjadi pembicara saja, untuk berseru kepada Tuhan: meminta kedamaian, meminta pemulihan, dll. Padahal tidak melakukan hal yang mendukung apa yang kita minta dari Tuhan. Sayang sekali jika Bibir yang digunakan untuk meminta kedamaian dari TUHAN, malah tidak digunakan untuk menjadi Bibir pembawa kedamaian di tengah-tengah kondisi masyarakat Ambon saat ini.

Ambon Manis eee

Baca juga yang lain



1 komentar:

cangkal mengatakan...

berdoa semoga tidak ada lagi konflik di indonesia terutama di ambon ini.

Posting Komentar

Hai Sobat, Jangan Lupa komentar yah.